Rabu, 16 Januari 2013

Pentingnya Pemilahan Sampah


Pentingnya Pemilahan Sampah

Bagi pelajar SMA mungkin tidak asing lagi dalam pemilahan sampah. Kegiatan kecil bisa berdampak besar dalam pembentukan go green school. Dalam pemilihan sampah dibagi menjadi 3, yaitu: sampah anorganik, sampah organik, dan sampah bahan berbahaya beracun atau B3.
Sampah anorganik disebut juga sampah kering. Sampah an-organik ialah sampai yang susah terurai secara biologis sehingga penghacurannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Biasanya dihasilkan dari hasil mineral, hasil pengolahan minyak dan bumi. Sampah an-organik banyak dijumpai dilingkungan kita seperti: plastik, botol plastik, bungkus makanan, gelas, logam, besi, alumunium, bungkus-bungkus  kemasan, kaleng timah, tulang belulang, berbagai jenis karet.
Sedangkan sampah organik sering disebut juga sampah basah. Sampah organik ialah sampah yang dapat terurai secara alami, serta dapat membusuk tanpa melalui daur ulang. Seperti : sisa makanan, sayur-sayuran, kertas, kardus, kotoran hewan, sisa tepung, kulit buah, dedaunan, kayu.
Ada juga sampah bahan berbahaya beracun atau B3. Sampah B3 ialah jenis sampah yang mudah terbakar, reaktif, serta beracun sehingga dapat membahayakan kesehatan maupun kehidupan organisme. Macam-macam sampah B3 seperti: Baterai,  pupuk kimia, cat, pestisida, insektisida.
Sampah anorganik bisa dipilah-pilah sehingga bisa digunakan sebagai kerajinan tangan. Bungkus makanan maupun kemasan produk dapat diolah menjadi tas, tempat pensil, dompet, sandaran mobil melalui kreativitas kita, sehingga menjadi hal yang menarik, unik, serta dapat dipakai untuk sehari-hari.
Sedangkan sampah organik kita bisa olah menjadi pupuk kompos. Sehingga kita  bisa hemat lingkungan serta tanaman menjadi subur.
Pemilahan sampah dengan benar dan tertib dapat hidup sehat, kreatif, hemat lingkungan serta dapat menyelamatkan bumi melalui hal kecil yang berdampak baik bagi lingkungan.
Seperti kutipan dari hadits At-tirmidzi:

Artinya : “Diriwayatkan dari Sa’ad bin Abi Waqas dari bapaknya, dari Rasulullah saw. : Sesungguhnya Allah SWT itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha mulia yang menyukai kemuliaan, Dia Maha Indah yang menyukai keindahan, karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu” (HR. Tirmidzi)”       
Sehingga kita jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya. Dengan menjaga lingkungan yg bersih maka akan tercipta lingkungan sehat di sekolah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar