Senin, 21 Januari 2013

Pembuatan greenhouse



Apa itu greenhouse? Greenhouse ialah sebuah bangunan yang terbuat dari kaca atau plastik yang menutupi seluruh bangunan greenhouse.  Didalamnya dilengkapi temperature dan alat pengukur kelembapan udara.
Greenhouse sering digunakan untuk penelitian maupun budidaya sayur-sayuran, buah-buahan, dan bunga-bunga. Karena jenis tumbuhan tersebut rentan terhadap penyakit. Dengan adanya greenhouse atau sering disebut rumah kaca dapat menghasilkan tumbuhan yang lebih berkualitas.
Adapun tumbuhan yang cocok ditanam  didalam rumah kaca seperti: wortel, bayam, sawi, kol, kangkung, cabai, brokoli, tomat, terong, dan lain-lain. Serta bunga-bunga yang cocok ditanam didalam greenhouse seperti: bunga gladiol, bunga sedap malam, bunga krisan, dan lainnya. Sedangkan untuk jenis buaha-buahan dapat ditanam seperti buah: durian, langsat, rambutan, mangga, manggis, dan lain-lain.

Dalam pembuatan greenhouse ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya  antara lain:
-          Resiko tanaman terserang penyakit menjadi lebih kecil
-         Meningkatkan kualitas produksi
-         Meningkatkan hasil produksi
-         Meminimalisasi pestisida, aset dan performance
-         Sarana agrowisata dan media pembelajaran
Kekurangannya: biaya pembuatan greenhouse tergolong mahal, perlu perhatian dan perawatan yang lebih.
Jika ingin membuat greenhouse, ada bebrapa bahan plastik yang dapat digunakkan, antara lain: Acrylic, Polycarbonate, Fiberglass Reinforced Polyester, Polyethylene film, dan Polyvinyl cholride film.
Jika greenhouse terdapat di sekolah-sekolah, siswa akan lebih mudah untuk melakukan praktikum, kesan sekoalah menjadi tidak gersang, siswa dapat mempunyai tanggung jawab untuk merawat greenhouse



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar