Rabu, 16 Januari 2013

Penataan Tanaman


PENATAAN TANAMAN
            Dalam desain eksterior maupun interior pada gedung atau rumah, penataan tanaman sangat penting. Supaya kesan keindahannya lebih menonjol dan lebih terlihat rapi. Di area MAN Yogyakarta 2 sendiri memakai konsep penataan tanaman. Memanfaatkan areanya yang tak begitu luas, penataan tanaman di sesuaikan dengan desain gedung sekolah yang tampak padat. Pada bagian area gedung kelas sebelah utara, karena bertingkat 3, di lantai dasar terdapat taman dan kolam ikan. Penataan taman secara interior ini, tanaman tidak hanya yang di dalam pot saja. Namun, juga adanya tanaman yang ditanam langsung di tanah. Hal ini sebagai tujuan untuk keseimbangan maupun kebutuhan oksigen alami di sekeliling taman tersebut yang sesak dengan adanya kelas-kelas.
          Di area dekat mushollah juga terdapat sebuah taman dan kolam ikan yang cukup nyaman dengan adanya sebuah tempat duduk mungil beratap. Tatapi, masih ada sebagian tanaman yang kurang bervariasi penataannya. Masih banyak tanaman yang ditata dengan cara yang monoton. Akan lebih bagus dan rapi apabila tanaman-tanaman yang terlalu banyak itu ditata di tiap-tiap depan kelas. Agar suasana kelas tidak terlalu gersang dan lebih menunjukkan suasana yang lebih fresh . Bunga-bunga yang ditata di depan kelas harus lebih bervariasi, agar tidak terlalu membosankan. Jika bunga-bunga itu tidak dirawat maka, bunga tersebut akan layu atau mati sehingga mengurangi keindahan bunga tersebut.  Hal tersebut juga dapat memicu para siswa ataupun para guru untuk lebih memperhatikan tanaman disekitarnya.
Adapula hadits dari Abdullah ibnu Mas’ud d Rosulullah bersabda:
 .اَلْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ .إِنَّ اللَّهَ جَمِيلٌ يُحِبُّ الْجَمَالَ
(رواه مسلم)ا
Artinya: “Sesungguhnya Allah itu Maha indah dan mencintai keindahan (yang indah). Kesombongan adalah menolak kebenaran dan meremehkan manusia.” (HR. Muslim).
Jika sudah tercipta keindahan dalam penataan tanaman, akan lebih enak dipandang serta suasana go green school akan lebih terasa di lingkungan MAN Yogyakarta 2. Dan menjadikan siswa MAN Yogyakarta 2 sesuai dengan akhlakul karimah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar