Rabu, 16 Januari 2013

Kepedulian Terhadap Tanaman


Kepedulian Terhadap Tanaman

MAN YOGYAKARTA II mengadakan gerakan go green school yang bertujuan  menggugah kesadaran para warga MAN II akan peduli pada lingkungan. Hal ini bukan semata-mata antusias yang terpaksa,namun faktanya gerakan go green school sudah coba dilakukan MAN YOGYAKARTA II lebih dari 2tahun yang lalu semenjak munculnya kabar terjadinya PEMANASAN GLOBAL(global warming) yang mengakibatkan mencairnya kutub selatan hingga volume air di laut meningkat setiap detiknya.
Tanpa disadari MAN YOGYAKARTA II telah melakukan gerakan go green green dengan cara mewajibkan bagi siswa-siswi barunya untuk membawa tanaman pada saat MOS dilakukan,hal ini sesungguhnya bertujuan untuk menaggulangi bahaya global warming. Kemudian pohon-pohon yang sudah terkumpul ditanam di lahan khusus untuk tanaman yang sudah disediakan oleh sekolah.
Memang kegiatan ini sangat baik bagi lingkungan dan warga MAN II sendiri,namun setelah itulah masalah terjadi. Tanaman-tanaman yang sudah ditanam menjadi terbengkalai tidak diurus,para siswa yang sudah menanam pun tidak peduli lagi pada pohon-pohon mereka,seakan membawa dan menanam pohon tersebut hanyalah kewajiban untuk masuk MAN YOGYAKARTA II dan dilakukan hanya untuk menggugurkan kewajiban tersebut. Terlebih petugas kebersihan  sekolah hanyalah 2 orang dan mereka sudah disibukkan dengan tugas membersihkan sekolah dari depan sampai belakan,dari lantai 3 sampai lantai 1,tidak ada lagi waktu untuk mengurus tanaman yang sudah ditanam. Itu sebabnya banyak pohon yang mati kekeringan, dari jumlah pohon yang telah terkumpul hampir 60%nya mati,jumlah yang tidak sedikit.
Seperti yang terkandung dalam Surat Al-A’rof ayat 56: 

وَلَا تُفْسِدُوا فِي الْأَرْضِ بَعْدَ إِصْلَاحِهَا وَادْعُوهُ خَوْفًا وَطَمَعًا إِنَّ رَحْمَةَ اللَّهِ قَرِيبٌ مِنَ الْمُحْسِنِينَ (56)

Artinya: “Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.(QS. 7:56)”

Maka dari itu,gerakan go green school yang dilakukan di MAN YOGYAKARTA II ini mari kita jadikan momentum bagi kita semua untuk lebih memperhatikan lingkungan dan cinta pada lingkungan,bukan hanya bagi warga MAN YK II namun juga masyarakat luas. Bukankah kita sendiri yang menikmati lingkungan dengan keindahannya dan kenyamanannya? Lalu mengapa kita egois dengan diri kita dengan mengacuhkan lingkungan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar