Rabu, 16 Januari 2013

Penggunaan Bahan Plastik di Kantin



Di kantin kita dapat menemui berbagai macam jajanan yang diperjualkan.
dan untuk membungkus makanan tersebut si penjual menggunakan plastik untuk membungkus makanan tersebut.

Jika plastik tersebut sudah tidak terpakai lagi dan di buang. Disinilah bahaya nya.
Jika plastik tersebut dibuang sembarangan begitu saja. Plastik akan sulit di urai kembali karena mengandung bahan kimia yang berbahaya. Plastik susah terbiodegradasi dalam tanah karena plastik mengandung polivinil klorida (PVC) bahan ini mempunyai sifat susah terurai dan bertoxic,dan penguraiannya membutuhkan waktu sampai 1000 tahun
Tetapi pada dasarnya, bahan-bahan yang mudah diuraikan oleh mikroorganisme itu adalah bahan organik. 

Karena sebagian besar plastik merupakan bahan anorganik sintetik, maka proses penguraiannya dalam tanah membutuhkan waktu yang lama.
Dan jika plastik tersebut dibakar, plastik yang  terbakar akan menghasilkan gas2 berbahaya yang dapat mengikis lapisan ozon. Bila gas tersebut bersenyawa dengan air bawah tanah dapat mengkontaminasi air minum yang kita konsumsi.

Penggunaan berbahaya plastik lainnya seperti mencampuri minyak goreng dengan plastik agar minyak goreng awet dan makanan yg di goreng pun menjadi renyah. Padahal banyak sekali kandungan berbaya yan terdapat pada plastik tersebut. 

Dan banyak Bahan kimia yang terkandung pada kemasan yang terbuat dari bahan plastik
Namun dalam memperhatikan kesehatan Tubuh yang telah Allah amanahkan kepada kita semua. Allah SWT  telah berfirman dalam:

Surah Al-A’raf ayat 31 : “Makan dan minumlah akan tetapi jangan berlebih-lebihan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar