Minggu, 17 Februari 2013

Tanaman herbal di sekolah


        Tahukah kalian apa tanaman-tanaman herbal ?
Tanaman herbal adalah tanaman-tanaman yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terutama bagi tubuh kita. Tanaman herbal terdiri dari berbagai macam dan memiliki manfaat masing-masing. Beberapa contoh dari tanaman herbal yaitu :


1. Temulawak
Tanaman herbal ini mempunyai manfaat sebagai anti sembelit, mengobati maag, limpa, asma, sariawan, cacar air dan masih banyak lagi.


2. Kumis kucing
Mempunyai manfaat untk mengobati infeksi saluran kencing, anyang anyangan, penurun panas dan masuk angin, dan masih banyak lagi.


3. Jati belanda
Melancarkan peredaran darah. Sakit mata, sakit telinga, dan anti rheumatik.


4. Ginseng
Banyak manfaat yang dpat kita ambil dri tanaman yang sering digunkan sebagai ramuan tradisional ini yaitu, mengurangi stres mental, merangsang sistem kekebalan dan saraf, mengobati diabetes, mengurangi kadar kolesterol, mengurangi kelelahan, mencegah perkembangan kanker dan masih banyak lagi khasiat yang bisa kita ambil dari tanaman herbal tersebut.


5. Bunga kenop
Tanaman ini mempunyai beberapa manfaat, yaitu sebagai obat untk penyakit sesak napas, radang sluran napas akut dan menahun, radang mata, sakit kepala, panas dan kejang pada anak karena gangguan hati.


6. Jeruk nipis
Jeruk nipis mempunyai banyak manfaat, yaitu untuk mengatasi disentri, sembelit, ambeien, haid tidak teratur, difteri, jerawat, vertigo, batuk, bau bdan, menambah nafsu makan, mencegah rambut rontok, ketmbe, flu, demam, terlalu gemuk, amandel, mimisan, dan radang hidung.


7. Ciplukan
Dlm pengobatan alternatif herbal, tanaman ini mempunyai kegunaan untuk mengobati sakit tenggorokan, btuk rejan, bronchitis, bisul, borok, kencing manis, sakit paru-paru dan masih banyak lagi.


8. Beluntas
Secara tradisional daun beluntas di gunakan sebagai obat untuk menghilangkan bau badan, obat penurun panas, obat batuk, dan obat diare.

          Tanaman-tanaman herbal diatas adalah sebagaian kecil dari tanaman obat-obatan yang bisa kita tanam disekitar rumah atau skolah. Disekolah kita juga menanam sebagaian dari tanaman herbal diatas, agar kita bisa lebih mudah untk mencari tanaman tersebut jika kita membutuhknnya sewaktu-waktu.
          Ditanamnya tanaman herbal diskolah mempunyai tujuan untk memperkenalkan kepada para siswa apa itu manfaat atau kegunaan dari tanaman-tanaman tersebut dan agar kita bisa tetap melestarikan tanaman tradisional tersebut, dan juga agar kita tidak slalu tergantung kepada dokter dan obat-obat dari apotek yang terlalu mahal biayanya.

1 komentar:

  1. Mengunjungi blog yang bagus dengan informasi yang menarik adalah merupakan kebahagiaan tersendiri.... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus